Dinas PMD Turut hadir Di Acara Ajang Lomba Perpustakaan Tingkat Desa, Desa Sidodadi Juara 1 Terbaik

Acara tersebut di buka langsung oleh Sekda Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto, ST.,M.AP Di Aula Kantor Desa Sidodadi Selasa (30/10).

 

Turut hadir, Bunda Literasi Bengkulu Tengah dr. Dian A.R Heri Roni, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Tengah Agung Budiyanto, S.E, M.E, Plt. Kepala Dinas PU Bengkulu Tengah, Perwakilan Dinas PMD Bengkulu Tengah, Camat Pondok Kelapa dan Kepala Desa Sidodadi serta undangan lainnya.

Dikatakan Sekda Bengkulu Tengah Rachmat Riyanto kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap insan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan literasi masyarakat khususnya bagi kalangan pelajar.

 

“Sampai saat ini masih banyak desa yang belum memiliki perpustakaan namun pemerintah daerah kedepannya akan terus memperjuangkan agar satu desa satu perpustakaan”, imbuhnya.

Lanjutnya, fungsi perpustakaan Desa ini sangat penting ditengah-tengah masyarakat karena untuk menggali potensi pelajar untuk gemar membaca, sehingga beliau berharap kepada pengurus perpustakaan desa teruslah memberikan kontribusi dan inovasi sehingga perpustakaan dapat dikembangkan dengan baik.

 

“Saya ucapkan selamat kepada desa yang telah keluar sebagai juara dalam perlombaan perpustakaan ditingkat desa. Semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu motivasi untuk mengembangkan perpustakaan di Bengkulu Tengah bahkan bisa mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional”,pungkasnya.

Sementara itu, Bunda Literasi Bengkulu Tengah Dian A.R Heri Roni menyampaikan, dengan adanya perpustakaan desa tentunya dapat mendorong meningkatkan budaya masyarakat membaca sehingga perpustakaan desa yang sudah terbentuk berharap dapat dikembangkan dan dijalankan dengan baik kedepanya.

Kegiatan ini juga beliau berharap terus dilaksanakan secara rutin tujuan untuk memberikan motivasi bagi pengurus perpustakaan desa agar tetap semangat singgah pada akhirnya anak-anak kita dapat mengakses perpustakaan untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya.

 

“Kita di Bengkulu Tengah ini ada 142 desa dan 1 kelurahan namun menurut laporan, perpustakaan yang sudah ada sekitar 24 desa tentunya dengan permasalahan tersebut kita berharap kepada dinas perpustakaan daerah agar dapat dibantu untuk mendirikan gedung perpustakaan satu desa satu perpustakaan. Dan tidak lupa saya juga ucapkan selamat kepada desa yang telah meraih juara dalam perlombaan perpustakaan desa semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu wadah dalam mengembangkan perpustakaan kedepannya,”demikian (**)

 

Berikut ini nama-nama desa yang keluar sebagai juara yakni:

– Juara I Perpustakaan Bina Ilmu Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa

– Juara II Perpustakaan Cerdas Desa Sunda Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa

– Juara III Perpustakaan Balai Buntar Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *